Visi dan Misi

Visi dan Misi

VISI 

Menuju program studi tingkat sarjana yang berstandar internasional dengan tetap memperhatikan nilai-nilai lokal dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang Akuntansi untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa. 

MISI

  1. Meningkatkan peran serta program studi dalam menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan intelektual, berstandar internasional, dan berkarakter Trikrama Trisakti melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan berbasis nilai-nilai lokal guna menjawab permasalahan nasional dan meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
  3. Meningkatkan peran serta program studi dalam mendukung kebutuhan masyarakat dan industri melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

 

PROFIL LULUSAN

Memiliki profesi sebagai:

  • Akuntan Pemula di Perusahaan/Korporasi
  • Akuntan Pemula di Organisasi Sektor Publik
  • Auditor Pemula di Kantor Akuntan Publik
  • Konsultan Pemula di Kantor Konsultan Pajak

yang memiliki etika yang baik, mampu berkomunikasi dengan baik, efektif menggunakan pengetahuan, mengembangkan pengetahuan dan keterampilan diri secara terus menerus.

 

KEKHASAN PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI

Prodi S1 Akuntansi FEB Usakti merupakan salah satu prodi jenjang sarjana yang senantiasa mengembangkan diri mengikuti perkembangan profesi, industri, serta regulasi guna  menghasilkan lulusan yang dapat berkiprah ditingkat nasional dan internasional. Profil lulusan diharapkan memiliki profesionalisme di bidang Akuntansi yang berdaya saing internasional dengan kemampuan menganalisis, menyelesaikan permasalahan dan pengambilan keputusan, mampu berkomunikasi secara efektif, serta memiliki etika yang baik; dan memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan inovatif untuk pengembangan pengetahuan, serta ketrampilan diri berbasis teknologi informasi secara berkelanjutan.Pada situasi dan kondisi era industri 4.0 ini, maka Prodi S1 Akuntansi FEB Usakti telah merespon dengan merancang kurikulum sebagai bentuk kekhasan prodi. Kekhasan Prodi S1 Akuntansi FEB Usakti adalah diselenggarakannya beberapa mata kuliah baru yaitu Akuntansi Keberlanjutan, Data Analytics for Accounting, Corporate Governance and Risk Management, Fraud aand Forensic Accounting, Information System Audit, Bisnis Digital, Bisnis Global, Perpajakan Internasional, Pemeriksaan Pajak, Pemagangan. Untuk meningkatkan kompetensi maka diselenggarakan  praktikum berbasis teknologi,  diantaranya Praktikum  , Praktikum Komputerisasi Akuntansi (Orlansoft, Accurate, Myob), Praktikum Akuntansi Industri Manufaktur (Orlansoft) , Praktikum Analisis Laporan Keuangan (Tableu),  Praktikum Audit Berbasis TI (Atlas), dan Praktikum Pelaporan Keuangan Korporat.

 

PRESTASI PRODI S1 AKUNTANSI

Pada tahun 2019/2020 terdapat beberapa prestasi yang diperoleh oleh Lembaga, Dosen dan Mahasiswa sebagai berikut:

PRESTASI KELEMBAGAAN PRODI:

  1. Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada bulan Agustus 2019
  2. Akreditasi Sinta 3 untuk Jurnal Akuntansi Trisakti (JAT), dan Indonesia mnagement Accounting Review (IMAR) serta Sinta 2 untuk Media Riset Akuntansi,Auditing dan Informasi (MRAAI)
  3. Kerjasama pelatihan dengan Pusat Koperasi Angkatan Darat (Puskopad) “Kartika Wira Usaha” dan Induk Koperasi Angkatan Darat (Inkopad) “Kartika”
  4. Kerjasama pelatihan dengan Musyawarah Guru Keahlian Produktif (MGMP) Jakarta Timur

PRESTASI DOSEN PRODI S1 AKUNTANSI:

  • Yuniati Gunawan:  (Research grant from the International Finance Corporation (IFC)-World Bank Group;  10 besar Dosen Berprestasi Tingkat Nasional di November 2019. Juara 2 Dosen Berprestasi  LLDikti 3 
  • Murtanto (Juri Lomba Kompetensi Siswa  SMK DKI Jakarta Timur; Asesor  dan Master Asesor Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) RI; Ketua LSP Teknisi Akuntansi; Dewan Pengarah Masyarakat Profesi Teknisi Akuntansi (MATA) Indonesia)

PRESTASI MAHASISWA PRODI S1 AKUNTANSI:

  • Bella Amelia, mengikuti global class program ke Malaysia dan juara 1  lomba case study bulan November 2019
  • Mahasiswa memenangkan Gold Medal Level 3 dalan perlombaan International Choir Competition-Ingou Victory Choir Festival yang diselenggarakan oleh Ingou Victory GKPS Pematang Siantar, Sumatera Utara pada awal tahun 2019. Pembina: Dr. Lydia Rosintan dan Dr. Jakaria, ME.