Mekanisme Penyusunan Kurikulum OBE (Outcome Based Education)

Mekanisme Penyusunan Kurikulum OBE (Outcome Based Education)

Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti sudah menerpakan kurikulum berbasis luaran atau dikenal dengan istilah Outcome Based Education (OBE) mulai tahun 2023. OBE merupakan suaru proses pembelajaran yang menekankan pada pencapaian luaran atau target yang sudah ditetapkan secara spesifik oleh Program Studi S1 Akuntansi sesuai dengan standar industri dan profesi akuntansi yang berlaku saat ini baik nasional dan internasional. Pemberlakuan kurikulum OBE ini bertujuan agar lulusan dari Program Studi S1 Akuntansi memiliki kompetensi soft skill dan hard skill sesuai kebutuhan pasar.

Mekanisme penyusunan kurikulum berbasis OBE didasarkan pada kebijakan Nasional yang teruang dalam Permendiktiristek No 53 tahun 2023 yang diperbaharui dengan Permendikti Saintek No 39 tahun 2025. Selain itu juga berdasarkan pedoman penyelenggaraan pendidikan di Universitas Trisakti serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti. Tahapan penyusunan Kurikulum OBE dapat dilihat pada bagan berikut ini

Gambar 1. Tahapan Penyusunan Dokumen Kurikulum

Analisis kebutuhan pasar dan perkembangan ipteks dilakukan dengan melakukan analisis SWOT melalui assesment evaluasi diri program studi dan “tracer study” atas kebutuhan pasar. Berdasarkan hasil kegiatan tersebut, maka dapat dirumuskan Profil Lulusan Prodi S1 Akuntansi adalah sebagai berikut:

Lulusan sarjana akuntansi yang berkarir sebagai:

  1. Praktisi profesional di bidang akuntansi, yang mampu :
    1. Menguasai konsep dan aplikasi di bidang akuntansi secara mendalam dan penerapannya pada bidang secara spesifik antara lain bidang akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, perpajakan, sistem informasi, auditing untuk menyelesaikan masalah secara sistematis pada perusahaan (entitas bisnis) jasa,dagang, dan atau manufaktur berskala besar dan atau go-public yang sesuai dengan standar dan prinsip-prinsip yang berlaku umum dan relevan di bidang
    2. Mengambil keputusan operasional secara tepat berdasarkan analisis informasi dan data akuntansi untuk memberikan alternatif solusi baik secara mandiri maupun kelompok dan mampu menyajikan laporan sesuai dengan lingkup dan tanggung
    3. Memiliki kemampuan di bidang manajemen, teknologi informasi, keahlian interpersonal dan komunikasi.
    4. Melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya baik sebagai anggota dan atau pimpinan dalam suatu
  2. Akademisi profesional yang mampu membangun dan mengembangkan keilmuannya di bidang akuntansi.
  3. Tenaga profesional yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan

Selanjutnya dari profil lulusan tersebut dirumukan 12 (dua belas) capaian pembelajaran lulusan (CPL). CPL tersebut berisi kemampuan yang dimiliki lulusan Prodi S1 Akuntansi yang meiputi aspek pengetahun, ketrampilan dan sikap sesuai kebutuhan stakeholder. Adapun Rincian CPL Prodi S1 Akuntansi adalah sebagai berikut:

CPL DESKRIPSI
CPL 1 ( S1) Memiliki sikap religius, beretika, dan taat hukum.
CPL 2 ( S2) Mampu berkomunikasi, bekerja sama, dan berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat.
CPL 3 (S3) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan
CPL 4( S4) Memiliki sikap dan perilaku sesuai dengan nilai – nilai yang terkandung dalam Tri Krama Universitas Trisakti.
CPL 5 (P1) Mampu mengevaluasi ketepatan kebijakan akuntansi yang digunakan untuk menyusun, menganalisis dan memeriksa laporan keuangan sesuai standar akuntansi dan auditing yang berterima umum secara nasional dan internasional (Bidang Akuntansi Keuangan dan Auditing)
CPL 6(P2) Mampu menganalisis dan menginterpretasikan data keuangan dan non keuangan dalam laporan keuangan dan laporan-laporan lainnya dengan menggunakan teknologi informasi dari sebuah entitas. (Bidang Akuntansi Manajemen dan Sistem Informasi).
CPL 7 (P3) Mampu menerapkan peraturan perpajakan nasional dan menjelaskan isu-isu perpajakan untuk transaksi internasional secara umum (Bidang Perpajakan).
CPL 8 (KU1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif, dan beretika dalam konteks pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Akuntansi sehingga mampu menyusun laporan/deskripsi secara ilmiah.
CPL 9 (KU2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, melakukan evaluasi, yang bermutu, terukur, dan membuat keputusan secara tepat.
CPL 10 (KU3) Mampu mengembangkan jejaring kerja, jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan.
CPL 11 (KK1 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang Akuntansi serta pengauditan laporan keuangan dan non keuangan berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
CPL 12 (KK2) Mampu menghitung, menyetor dan melapor pajak langsung dan tidak langsung untuk wajib pajak orang pribadi dan badan (self-assessment) serta menghitung, memotong/memungut dan melapor (withholding).

 

Selanjutnya dikembangkan bahan kajian sebagai komponen/materi yang harus di ajarkan untuk mencapai CP yang direncanakan. Bahan kajian yang ada menjadi mata kuliah sebagai wadah konsekwensi bahan kajian yang akan dipelajari oleh mahasiswa dan diajarkan oleh dosen. Dari mata kuliah muncul metode penilaian yang merupakan proses identifikasi dan penentuan penetrasi maupun pengfuasaan bahan kajian oleh pembelajar melalui parameter dan variabel ukur yang akuntabel.

 

Floatin Button
Floatin Button